Tuesday, August 20, 2013

Pulau Tidung Ramai Saat Libur Lebaran

Pulau Tidung Ramai Saat Libur Lebaran - Hal ini sudah terjadi berulang selama hampir 4 tahun semenjak pulau ini mulai dijadikan tempat wisata. Sudah sejak 2009 akhir Pulau Tidung dibanjiri wisatawan yang hendak menghabiskan masa liburan dan cuti tahunan disana, sampai-sampai moment lebarannya sendiri jadi terasa kabur karena suasana di jalanan dan sekitarnya dipenuhi oleh pengunjung yang berjalan-jalan dan bersepeda santai. Hampir semua rumah yang disewakan untuk penginapan terisi penuh oleh pengunjung dan hanya sebagian kecil saja yang dihuni oleh si empunya rumah.
Pulau Tidung Ramai Saat Lebaran


Pengunjung yang datang sebagian besar adalah wisatawan lokal yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya, ada pula yang datang dari luar daerah namun jumlahnya jauh lebih sedikit. Untuk ukuran sebuah objek wisata baru hal ini bisa dibilang luar biasa, dengan jumlah pengunjung hampir mencapai 8000 orang setiap hari selama libur lebaran, Pulau Tidung menjelma menjadi lautan wisatawan. Rata-rata mereka yang datang membawa keluarga dan kerabat dekatnya dengan tujuan mengisi liburan karena berbagai pertimbangan seperti ditinggal mudik pembantu, tidak bisa mudik karena libur terlalu pendek, dan lain sebagainya. Pada awal lebaran biasanya pengunjung didominasi oleh mereka yang tidak merayakan lebaran ( non muslim ) dan baru pada H+1 dan seterusnya mulai dipenuhi oleh wisatawan umum. Hal ini disebabkan wisatawan yang muslim merayakan Idul Fitri dulu baru kemudian liburan.

Pada saat pengunjung membludak biasanya kesempatan ini dimanfaatkan oleh sebagian warga untuk mencari penghasilan tambahan seperti menjual souvenir khas Pulau Tidung, menyediakan jasa catering, menyediakan jasa Guide, dan menyewakan sepeda serta perlengkapan snorkeling. Penghasilan warga saat libur lebaran seperti ini bisa meningkat dua kali lipat dibanding hari libur bisa karena pengunjung datang berturut-turut selama beberapa hari. Walaupun sebenarnya kondisi pulau tidung masih musim hujan tapi untungnya saat libur lebaran ini cuaca dominan cerah.
Pulau Tidung Ramai Saat Lebaran
Suasana Sunset di Jembatan Cinta

Salah satu tempat favorite wisata pulau tidung adalah disekitar tanjungan timur dan jembatan cinta. Pengunjung sangat dimanjakan dengan pesona jembatan cinta pulau tidung karena pemandangan alam dan panorama yang eksotis terutama ketika menjelang terbenam dan terbit matahari. Selain itu juga hampir semua wahana permainan air yang ada di Pulau Tidung terpusat disana sehingga wisatawan lebih mudah untuk memilih permainan yang mereka sukai.

Demikian uraian singkat tentang Pulau Tidung ramai saat libur lebaran semoga dapat menjadikan wawasan bagi calon pengunjung yang akan datang kesana. Biasanya kalau untuk paket wisata saat libur lebaran Anda harus memesan jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan fasilitas sesuai yang didambakan.
Title: Pulau Tidung Ramai Saat Libur Lebaran; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete